
MENGUKUR DAN MERAMALKAN PASAR
MENGUKUR DAN MERAMALKAN PASAR
Untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih baik, diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran (Marketing Decision Support System-MDDS)
Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran (SPKP)
Adalah pengumpulan data, sistem, peralatan dan teknik yang terakomodasi, yang dimanfaatkan dalam pengumpulan dan interpretasi informasi yang relevan dari bisnis dan lingkungan serta mengubahnya menjadi dasar bagi tindakan pemasaran.
Peralatan kuantitatif yang digunakan dalam SPKP :
1. Peralatan Statistik
2. Model
3. Perhitungan Optimasi Rutin
Pengukuran Permintaan Pasar
adalah Volume total yang akan dibeli oleh kelompok pelanggan tertentu dalam wilayah geografis tertentu dalam periode waktu tertentu dalam lingkungan pemasaran tertentu di bawah program pemasaran tertentu.
Konsep-konsep dalam pengukuran permintaan :
• Permintaan Pasar
• Permintaan Perusahaan
• Ramalan Penjualan Perusahaan
Mengestimasikan permintaan saat ini :
• Potensi pasat total
• Potensi pasar wilayah
• Penjualan industri pangsa pasar
Mengestimasikan permintaan masa yang akan datang :
• Survei maksud pembeli
• Gabungan pendapat staf penjual
• Pendapat ahli
• Metode pengujian pasar
• Analisis permintaan statis