gravatar

MENGUKUR DAN MERAMALKAN PASAR


MENGUKUR DAN MERAMALKAN PASAR

Untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih baik, diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran (Marketing Decision Support System-MDDS)

Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran (SPKP)
 
 Adalah pengumpulan data, sistem, peralatan dan teknik yang terakomodasi, yang dimanfaatkan dalam pengumpulan dan interpretasi informasi yang relevan dari bisnis dan lingkungan serta mengubahnya menjadi dasar bagi tindakan pemasaran.  

Peralatan kuantitatif yang digunakan dalam SPKP :

1. Peralatan Statistik
2. Model
3. Perhitungan Optimasi Rutin


Pengukuran Permintaan Pasar 

adalah Volume total yang akan dibeli oleh kelompok pelanggan tertentu dalam wilayah geografis tertentu dalam periode waktu tertentu dalam lingkungan pemasaran tertentu di bawah program pemasaran tertentu.
               
Konsep-konsep dalam pengukuran permintaan :

          Permintaan Pasar
          Permintaan Perusahaan
          Ramalan Penjualan Perusahaan 

Mengestimasikan  permintaan saat ini :

          Potensi pasat total
          Potensi pasar wilayah
          Penjualan industri pangsa pasar
 
Mengestimasikan permintaan masa yang akan datang :

          Survei maksud pembeli
          Gabungan pendapat staf penjual
          Pendapat ahli
          Metode pengujian pasar
          Analisis permintaan statis