gravatar

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN


DIFERENSIASI DAN POSISINING PRODUK

A.  Differensiasi adalah tindakan merancang perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing, untuk mendapatkan keunggulan bersaing.

Syarat-syarat “Diferensiasi” sebagai alat bersaing :

o        IMPORTANT (Penting): perbedaan memberikan manfaat yang bernilai tinggi bagi cukup banyak pembeli
o        DISTINCTIVE (terbedakan): perbedaan ditawarkan melalui cara yang khusus
o        SUPERIOR (Unggul): perbedaan lebih unggul dibandingkan cara-cara lain untuk mendapatkan manfaat tertentu
o        PREEMPITIVE (Dimiliki satu pihak): perbedaan tidak mudah ditiru oleh pesaing
o        AFFORDABLE (Terjangkau): pembeli mampu membayar perbedaan itu
o         PROFITABLE (Menguntungkan): perusahaan akan memperoleh laba dengan memperkenalkan perbedaan itu.

B  Posisioning
      adalah tindakan merancang penawaran dan citrapemasaran sehingga menempati suatu posisi
      kompetitif yang berarti dan berbeda dalam pemikiran konsumen sasarannya


Strategi Posisioning :

-  Menurut atribut
-  Menurut manfaat
-  Menurut penggunaan
-  Menurut pemakaian
- Menurut pesaing
-  Menurut kategori produk
-  Menurut kualitas/harga