
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN
DIFERENSIASI DAN POSISINING PRODUK
A. Differensiasi adalah tindakan merancang perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing, untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
Syarat-syarat “Diferensiasi” sebagai alat bersaing :
o IMPORTANT (Penting): perbedaan memberikan manfaat yang bernilai tinggi bagi cukup banyak pembeli
o DISTINCTIVE (terbedakan): perbedaan ditawarkan melalui cara yang khusus
o SUPERIOR (Unggul): perbedaan lebih unggul dibandingkan cara-cara lain untuk mendapatkan manfaat tertentu
o PREEMPITIVE (Dimiliki satu pihak): perbedaan tidak mudah ditiru oleh pesaing
o AFFORDABLE (Terjangkau): pembeli mampu membayar perbedaan itu
o PROFITABLE (Menguntungkan): perusahaan akan memperoleh laba dengan memperkenalkan perbedaan itu.
B Posisioning
adalah tindakan merancang penawaran dan citrapemasaran sehingga menempati suatu posisi
kompetitif yang berarti dan berbeda dalam pemikiran konsumen sasarannya
Strategi Posisioning :
- Menurut atribut
- Menurut manfaat
- Menurut penggunaan
- Menurut pemakaian
- Menurut pesaing
- Menurut kategori produk
- Menurut kualitas/harga