LINGKUNGAN PEMASARAN DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN
A. Analisis Lingkungan Pemasaran
1. Lingkungan Makro :
- Lingkungan Demografi
- Lingkungan Ekonomi
- Lingkungan Alam
- Lingkungan Teknologi
- Lingkungan Politik/Hukum
- Lingkungan sosial Budaya
2. Lingkungan Mikro :
- Perantara Pemasaran
- Pemasok
- Pesaing
- Masyarakat
B Sistem Informasi Pemasaran
Adalah suatu struktur yang saling berkait terdiri dari manusia, peralatan dan prosedur untuk mengumpul- kan, menyortir,menganalisis, mengevaluasi dan men- distribusikan informasi yang dibutuhkan, tepat waktu dan akurat kepada pengambilan keputusan.
Sub Sistem Informasi Pemasaran
1. Sistem Pencatatan Internal
2. Sistem Intelijen Pemasaran
3. Sistem Penelitian Pemasaran (Riset Pemasaran)
4. Menganalisis Informasi
Sistem Intelijen Pemasaran
Adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan oleh para manajer untuk memperoleh informasi harian mengenai perkembangan di lingkungan pemasaran, meliputi:
1. Melatih mendorong staf penjualan menemukan dan melaporkan perkembangan baru.
2. Mendorong pengecer/distributor informasi penting.
3. Membeli produk pesaing untuk dipelajari.
4. Membentuk “penasihat pelanggan”
5. Membeli informasi dari pihak luar
6. Membentuk pusat informasi pemasaran
RISET PEMASARAN
Adalah perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data yang sistematis serta temuan-temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.