
MANAJEMEN STRATEGIS DAN PROSES MANAJEMEN
1. Perencanaan Strategis yang berorientasi pasar:
merupakan suatu proses manajerial untuk mengembangkan dan menjaga agar tujuan, keahlian, dan sumber daya organisasi sesuai pasar yang selalu berubah.
Tujuannya:
Untuk membentuk dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk sehingga memenuhi target laba dan pertumbuhan.
2. Tahap-Tahap Dalam Perencanaan Strategis
- Menetapkan misi perusahaan.
- Menetapkan tujuan dan sasaran organisasi.
- Merancang protofolio usaha.
- Perencanaan strategi fungsional.
3. Proses Manajemen Pemasaran
a. Menganalisis peluang-peluang pasar
b. Memilih pasar sasaran
c. Mengembangkan Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
d. Mengelola upaya pemasaran
Analisis peluang pasar
- Mengidentifikasi peluang jangka panjang
- Riset pemasaran
- Mengerti pasar konsumen
- Menjual ke pasar bisnis
- Memerlukan tenaga penjual terlatih
- Memperhatikan dan mengantisipasi pesaing
Memilih pasar sasaran
• Membagi pasar menjadi segmen-segmen
• Mengembangkan strategi penentuan posisi (positioning)
• Mengembangkan produk baru
• Setelah peluncuran, strategi produk perlu dimodifikasi
• Pemilihan strategi perlu diselaraskan dengan peluang dan tantangan global yang berubah-ubah
Mengembangkan Bauran Pemasaran (MarketingMix)
• Membuat anggaran pemasaran dan mengalokasikan anggaran tersebut keberbagai bauran pemasaran (4 P)
• Tawaran PRODUK ke pasar meliputi : kualitas, bentuk, merek, dan kemasan serta dilengkapi pelayanan
• Harga (PRICE) yang ditetapkan harus sebanding dengan penawaran nilai kepada pelanggan
• Tempat (PLACE) distribusi merupakan hal yang penting agar pelanggan dapat memperoleh produk dengan mudah
• PROMOSI,diperlukan untuk mengkomunikasikan produk ke pasar sasaran
Mengelola upaya pemasaran
- Mengorganisasikan sumber daya pemasaran dan mengendalikan rencana pemasaran
- Pengendalian rencana pemasaran meliputi :
+ Pengendalian rencana tahunan
+ Pengendalian profitabilitas
+ Pengendalian strategis/audit pemasaran