gravatar

MANAJEMEN STRATEGIS DAN PROSES MANAJEMEN



1.  Perencanaan Strategis yang berorientasi pasar:
 
merupakan suatu proses manajerial untuk mengembangkan   dan menjaga  agar tujuan, keahlian, dan sumber daya organisasi sesuai pasar yang selalu berubah.
          Tujuannya:
Untuk membentuk dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk sehingga memenuhi target laba dan pertumbuhan.

2.  Tahap-Tahap Dalam Perencanaan  Strategis
 
            -  Menetapkan misi perusahaan.
-  Menetapkan tujuan dan sasaran  organisasi.
-  Merancang protofolio usaha.
-  Perencanaan strategi fungsional.

3. Proses Manajemen Pemasaran
 
a.  Menganalisis peluang-peluang pasar
b.  Memilih pasar sasaran
c.  Mengembangkan Bauran Pemasaran (Marketing  Mix)
d.  Mengelola upaya pemasaran
  
Analisis peluang pasar

- Mengidentifikasi peluang jangka panjang
-  Riset pemasaran
-  Mengerti pasar konsumen
-  Menjual ke pasar bisnis
-  Memerlukan tenaga penjual terlatih
-  Memperhatikan dan mengantisipasi pesaing
   
Memilih pasar sasaran 

          Membagi pasar menjadi segmen-segmen
          Mengembangkan strategi penentuan posisi (positioning)
          Mengembangkan produk baru
          Setelah peluncuran, strategi produk perlu dimodifikasi
          Pemilihan strategi perlu diselaraskan dengan peluang dan tantangan global yang berubah-ubah

Mengembangkan Bauran Pemasaran (MarketingMix)

          Membuat anggaran pemasaran dan mengalokasikan anggaran tersebut keberbagai bauran pemasaran (4 P)
          Tawaran PRODUK ke pasar meliputi : kualitas, bentuk, merek, dan kemasan serta dilengkapi  pelayanan
          Harga (PRICE) yang ditetapkan harus sebanding dengan penawaran nilai kepada pelanggan
          Tempat (PLACE) distribusi merupakan hal yang penting agar pelanggan dapat memperoleh produk dengan mudah
          PROMOSI,diperlukan untuk mengkomunikasikan produk ke pasar sasaran

Mengelola upaya pemasaran 

                - Mengorganisasikan sumber daya pemasaran dan mengendalikan rencana pemasaran
                - Pengendalian rencana pemasaran meliputi :
+ Pengendalian rencana tahunan
+ Pengendalian profitabilitas
+ Pengendalian strategis/audit pemasaran